iPhone dari Masa ke Masa

Inilah post pertama dari iPhonesaya seperti nama dari blog ini, saya akan membahas keluh kesah yang di alami pengguna iPhone diseluruh Indonesia. Jangan khawatir saya juga akan membuat tutorial-tutorial penting yang bisa di manfaatkan oleh semua pengguna iPhone nantinya. Perkenalkan nama saya Arsya Ridwan pengguna iPhone 3GS dan iPhone 4 selain pengguna iPhone saya juga merupakan grafik, web dan UI desainer dari Bandung, Indonesia.

Mari kita mulai  saya akan menjelaskan sejarah iPhone. Pada Januari 2007, Steve Jobs memperkenalkan Apple iPhone pada pidatonya di Macworld Conference dan Expo. Pada penampilan layar pertama dan di tangan Jobs, telepon tampak seperti sebuah persegi panjang hitam mulus tapi mati.

Kemudian, Jobs menyentuh layar iPhone. Tiba-tiba, dari persegi panjang tanpa fitur ia menjadi permukaan interaktif. Jobs menempatkan ujung jari yang berfungsi sebagai panah pada layar dan meluncur dari kiri ke kanan. Ketika jarinya bergerak, panah pun berpindah, membuka kunci telepon. Untuk beberapa orang, interaksi antara jari manusia dan sebuah gambar pada layar lebih menakjubkan dari semua fitur gabungan lainnya.

Dalam beberapa hal, iPhone adalah lebih seperti komputer Palmtop dari pada telepon seluler. Seperti kebanyakan smartphone, Anda dapat menggunakannya untuk membuat dan menerima panggilan, menonton film, mendengarkan musik, browsing Web, dan mengirim dan menerima email dan pesan teks. Anda juga dapat mengambil gambar dan video (menggunakan 3GS iPhone atau model lainnya) dengan built-in kamera, mengimpor foto dari komputer Anda dan mengatur mereka semua menggunakan software iPhone.

Pada tahun 2008, Apple memperkenalkan iPhone generasi kedua. IPhone ini dapat beroperasi pada generasi ketiga (3G) jaringan selular dan memiliki GPS receiver. iPhone juga memungkinkan Anda melihat peta dan data satelit dari Google Maps, termasuk lapisan bisnis di dekatnya. Pemilik iPhone asli mendapat kesempatan untuk meng-upgradesoftware pada ponsel mereka. Software 2.0 memberikan ponsel lama fungsi yang baru, tapi tanpa penerima GPS atau kemampuan jaringan 3G.

Pada tahun 2009, Apple meluncurkan iPhone 3GS. Model iPhone 3GS memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih dari iPhone sebelumnya. Mereka juga memiliki kamera yang lebih baik yang mampu mengambil gambar dan video 30 frame per detik. Fitur lain yang ditambahkan adalah sebuah kompas, yang sangat berguna ketika Anda perlu menemukan jalan Anda melalui wilayah asing. Di tahun 2009 juga dihadirkan iPhone OS 3.0, yang menawarkan banyak perbaikan, seperti kemampuan untuk cut dan paste.

Pada tahun 2010, Steve Jobs kembali berada di panggung untuk mengumumkan generasi baru dari Apple: iPhone 4. Perangkat baru dengan dua kamera, satu di depan dan satu di belakang. IPhone 4 memiliki layar retina dengan resolusi yang lebih baik daripada ponsel sebelumnya. Hal ini juga menandai keberangkatan dari desain iPhone dasar, telepon tidak memiliki sedikit lengkungan seperti sebelumnya malah menjadi flat. Jobs juga mengumumkan nama baru untuk operating system iPhone nya yakni: IOS.

Sebuah versi modifikasi dari operating system Macintosh OS X yang digunakan di Appledesktop dan komputer laptop memungkinkan Anda berinteraksi dengan semua aplikasi. Ia menampilkan ikon untuk setiap aplikasi pada layar iPhone. Juga mengelola daya baterai dan keamanan sistem. Operating system menyelaraskan telepon dengan komputer Anda, sebuah proses yang membutuhkan dermaga seperti yang digunakan untuk menyelaraskan iPod. Hal ini juga memungkinkan Anda multitask dan bergerak melalui beberapa aplikasi yang terbuka, seperti yang Anda dapat lakukan pada komputer laptop atau desktop.

Tapi bukannya menggunakan mouse atau keyboard fisik, iPhone menggunakan tombol virtual dan kontrol yang muncul pada layar. Ini sebetulnya tidak benar-benar sebuah fenomena baru, tapi layar sentuh iPhone sedikit berbeda dari banyak perangkat elektonik lain di pasar. Ketika Anda menyentuh layar PDA atau Nintendo DS, Anda biasanya menggunakan penunjuk ramping stylus. Sementara IPhone, di sisi lain, mengharuskan Anda untuk menggunakan jari-jari Anda. Ia juga dapat mendeteksi titik sentuh secara bersamaan, yang banyak layar sentuh yang ada tidak bisa lakukan.

Dan tahun ini 2011, Apple kembali menelurkan perangkat terbarunya iPhone 4S, dan rumornya iPhone 5 akan luncur masih ditahun yang sama. Kita tunggu saja.

Advertisements

One response to “iPhone dari Masa ke Masa”

  1. Mr WordPress says :

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: